Kapok Copy-Paste

Alkisah, setahun yang lalu. saat saya mempresentasikan makalah saya dihadapan dosen dan kawan-kawan mahasiswa. saya merasakan malu yang teramat ngilu. pasalnya, ada beberapa artikel yang termuat dalam makalah tersebut merupakan milik orang lain.

lantas, dosen saya tiba-tiba meminta saya menemuinya seusai kelas berlangsung. ” setelah ini mohon mas temui saya diruang dosen ya” yang kemudian saya jawab dengan anggukan ritmis kepala.

setibanya diruang dosen, saya disambut senyum seorang dosen yang sudah begitu akrab dengan saya,lantas mempersilakan saya duduk. ” mas, apa sampean(anda/kamu) gak malu dengan beberapa artikel tersebut?” diawalinya percakapan. ‘darimana ibu tau?” jawab saya.

dosen : bagaimanapun cara dan bentuknya, mengutip milik orang lain tanpa izin adalah dosa, setidaknya mas mencantumkan sumber baik dari buku maupun internet.

saya : saya mohon maaf bu. seraya menundukkan kepala dengan muka pucat pasi karena malu.

dosen : begini mas, hal tersebut menyangkut masa depan anda. hubungannya tntang tanggung jawab dan kehormatan. bagaimana jadinya jika mas menjadi orang besar yang memiliki berbagai ide. namun, ide tersebut sejatinyya milik oranng lain? ketika diketahui khalayak, anda pasti sangat malu bukan? kalaupun tidak, dosa yang akan ditanggung dan malulah pada sang pencipta.

saya : atas segala kekhilafan saya memohon maaf bu. saya justru berterimakasih telah mengingatkan saya atas kesalahan besar yang saya lakukan. saya berjanji akan menyusun ulang makalah itu dari buku-buku literatur yang dianjurkan. saya takkan mengutip tanpa izin dan mencantumkan sumbernya. saya berjanji, mohon maaf dan berterimakasih banyak.

demikian percakapan itu usai dengan langkah lesu bersalah. untunglah, sang dosen yang bijak tersebut mengizinkan saya tuk menggantti makalah itu.. inilah hal memalukan bagi saya yang juga menciiderai dunia akademisi di indonesia..

semoga, apa yang terjadi pada saya dapat menjadi gambaran dan pelaaran bagi semua.. amin

6 pemikiran pada “Kapok Copy-Paste

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s